Sabtu, 22 September 2018 – 20:35 WIB

Ketahui Lemak yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Sabtu, 10 Maret 2018 – 14:05 WIB
Ketahui Lemak yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol - JPNN.COM

jpnn.com - Lemak sering dianggap sebagai musuh bagi kesehatan, khususnya oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Padahal, tidak semua lemak itu jahat, bahkan jenis lemak tertentu justru bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi, lho!

Faktanya, tubuh manusia memerlukan sejumlah lemak untuk bisa berfungsi dengan normal. Selain untuk menghasilkan energi, lemak juga diperlukan untuk membentuk dinding sel yang kuat. Keberadaan lemak di dalam saluran cerna juga turut membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Bahkan, sekitar 60 persen otak Anda terdiri dari lemak, di mana porsi terbesarnya berasal dari asam lemak omega-3 alias docosahexaenoic acid (DHA). Senyawa ini diperlukan agar sel-sel otak dapat berfungsi dengan optimal.

Mengenal jenis lemak.

Memang benar bahwa tidak semua lemak itu sehat. Dari makanan, terdapat tiga jenis lemak yang bisa Anda temui, yaitu asam lemak tak jenuh, asam lemak trans, dan asam lemak jenuh.

Asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh (unsaturated fatty acids) adalah lemak yang dianggap ‘baik’ untuk kesehatan. Lemak jenis ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Asam lemak trans

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar