Ketahui Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan oleh Vegetarian

Ketahui Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan oleh Vegetarian
Berbagai bahan vegetarian. ILUSTRASI. Foto: Laman Yahoo Health

jpnn.com - Pola diet vegetarian semakin banyak diterapkan oleh berbagai usia. Pertimbangan dalam menerapkan pola makan ini beragam. Mulai dari kesadaran untuk memiliki pola makan yang lebih sehat, ajaran agama, atau prinsip tertentu yang berhubungan dengan gaya hidup ramah lingkungan. Apa pun alasannya, menjadi vegetarian dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jika dilakukan dengan benar.

Studi kedokteran telah membuktikan bahwa para vegetarian cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi daging. Selain itu, kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein LDL) pada vegetarian juga lebih rendah sehingga risiko penyakit jantung koroner pun lebih rendah.

Tak hanya itu, makanan vegetarian juga memiliki serat yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan para vegetarian tak mudah mengalami sembelit. Risiko untuk menderita kanker usus besar di kemudian hari juga lebih rendah.

Asupan vitamin dan mineral yang perlu diperhatikan para vegetarian

Meski demikian, pola makan vegetarian yang tak mengonsumsi daging, susu, produk susu, dan/atau telur (total vegetarian atau vegan), ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang sering kali tak tercukupi jumlahnya. Di antaranya adalah:

1. Zat besi
Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba merupakan sumber makanan yang tinggi akan zat besi. Dengan tidak mengonsumsi daging merah, asupan zat besi rentan tak tercukupi.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda mengalami anemia defisiensi besi yang menyebabkan gejala lemah, lesu, sulit berkonsentrasi, serta pusing. Jika anemia yang dialami cukup berat, keluhan sesak napas dan berdebar-debar juga bisa dirasakan.

Agar kebutuhan zat besi tercukupi, para vegetarian perlu mendapatkan zat besi dari makanan lain seperti brokoli, kacang polong, kacang panjang, sayuran hijau, rumput laut, atau sereal yang sudah difortifikasi zat besi. Selain itu, untuk meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh, sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang tinggi vitamin C seperti lemon, jeruk, atau tomat.

Studi kedokteran telah membuktikan bahwa para vegetarian cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi daging.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News