Rabu, 24 Oktober 2018 – 07:39 WIB

Ketika Napi Ikut Pramuka

Minggu, 14 Oktober 2018 – 12:36 WIB
Ketika Napi Ikut Pramuka - JPNN.COM

jpnn.com, SIDOARJO - Sebagai bentuk pembinaan, kegiatan Pramuka juga dilakukan di Lapas Kelas II-A Sidoarjo. Jumat Kemarin (12/10) upacara pembukaan latihan Pramuka perdana dilaksanakan di lapangan lapas.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas II-A Sidoarjo Muhammad Susanni. Ada 20 tahanan dan napi yang menjadi anggota Pramuka. Mereka masih muda. Rata-rata usianya 20 tahun.

Pihak lapas sengaja mencari anggota yang muda agar semangat berlatih setiap saat. Salah satunya Aditya Nanda Pratama. Napi kasus pencabulan itu mengatakan senang bisa ikut Pramuka. Dia teringat kembali masa-masa latihan saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). ''Sejak lulus SD tidak ikut Pramuka lagi,'' kata napi yang dihukum pidana penjara selama lima tahun itu.

Waka Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwacab Sidoarjo Abdul Munif L.T. mengatakan bahwa kegiatan Pramuka di lapas itu menjadi bagian dari persiapan pembentukan gugus depan. Yakni, gugus depan komunitas di Lapas Sidoarjo. ''Ini hari pertama latihan. Ke depan latihannya rutin tiap pekan,'' tuturnya.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II-A Sidoarjo Mufakhom mengatakan bahwa kegiatan Pramuka merupakan bentuk pembinaan di lapas. ''Jika bagus, nanti kelompok Pramuka ini bisa ikut kegiatan Pramuka dengan warga binaan seluruh Indonesia di Cibubur,'' paparnya. (may/c15/ai) 

SHARES
TAGS   Gerakan Pramuka
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar