Ketika Napi Ikut Pramuka

Ketika Napi Ikut Pramuka
Kegiatan pramuka di dalam Lapas. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Sebagai bentuk pembinaan, kegiatan Pramuka juga dilakukan di Lapas Kelas II-A Sidoarjo. Jumat Kemarin (12/10) upacara pembukaan latihan Pramuka perdana dilaksanakan di lapangan lapas.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas II-A Sidoarjo Muhammad Susanni. Ada 20 tahanan dan napi yang menjadi anggota Pramuka. Mereka masih muda. Rata-rata usianya 20 tahun.

Pihak lapas sengaja mencari anggota yang muda agar semangat berlatih setiap saat. Salah satunya Aditya Nanda Pratama. Napi kasus pencabulan itu mengatakan senang bisa ikut Pramuka. Dia teringat kembali masa-masa latihan saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). ''Sejak lulus SD tidak ikut Pramuka lagi,'' kata napi yang dihukum pidana penjara selama lima tahun itu.

Waka Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwacab Sidoarjo Abdul Munif L.T. mengatakan bahwa kegiatan Pramuka di lapas itu menjadi bagian dari persiapan pembentukan gugus depan. Yakni, gugus depan komunitas di Lapas Sidoarjo. ''Ini hari pertama latihan. Ke depan latihannya rutin tiap pekan,'' tuturnya.

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II-A Sidoarjo Mufakhom mengatakan bahwa kegiatan Pramuka merupakan bentuk pembinaan di lapas. ''Jika bagus, nanti kelompok Pramuka ini bisa ikut kegiatan Pramuka dengan warga binaan seluruh Indonesia di Cibubur,'' paparnya. (may/c15/ai) 

Ini hari pertama latihan. Ke depan latihannya rutin tiap pekan. Mereka akan dididik menjadi gugus depan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News