Ketua MPR Bambang Soesatyo Sampaikan Kabar Baik dari Kota Sejong

Ketua MPR Bambang Soesatyo Sampaikan Kabar Baik dari Kota Sejong
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyampakan dua hari lalu dirinya mendengar kabar baik dari Kota Sejong, Korea Selatan.

Kabar baik itu terkait rencana gedung majelis nasional baru yang akan dibangun di Kota Sejong melalui amendemen Undang-Undang Majelis Nasional di Korea Selatan.

Menurut Bamsoet, keputusan tersebut penting bagi Kota Sejong untuk menjadi ibukota administratif.

"Dengan program pemindahan ibu kota negara, tentunya Indonesia pun perlu merelokasi gedung parlemen, dan ini akan menjadi peluang yang baik untuk menjalin hubungan kerjasama antara kedua negara dalam proyek relokasi gedung parlemen," ungkap Bamsoet dalam focus group discussion (FGD) bertajuk 'Pembangunan Perkotaan dan Perumahan' yang diselenggarakan Indonesia-Korea Network untuk Ibu Kota Negara (IKN untuk IKN) secara virtual, Kamis (30/9).

Dalam FGD tersebut, Bamsoet juga menyampaikan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) rawan diganti dengan Perppu.

Padahal proses pembangunan sekaligus pemindahan IKN tidak hanya dikerjakan hingga selesai masa jabatan Presiden Joko Widodo, tetapi harus diterus kepemimpinan RI berikutnya.

"Karenanya perlu diperkuat melalui PPHN, sehingga siapapun presiden terpilih pada Pemilu 2024, progres pengerjaan dan pemindahan IKN tetap menjadi priorotas yang harus diselesaikan," kata ketua DPR RI ke-20 itu.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Keamanan, dan Pertahanan KADIN Indnonesia ini menjelaskan, pembangunan IKN di Kaltim memiliki tantangan yang besar pada aspek lingkungan.
Menurutnya, perlu dipastikan pembangunan perumahan dan infrastrukrur penunjang lainnya agar tetap menjaga keanekaragaman hayati, sekaligus mempertahankan fungsi hutan Kalimantan sebagai salah satu paru-paru dunia.

Pada FGD yang diselenggarakan Indonesia-Korea Network untuk Ibu Kota Negara, Pak Bambang Soesatyo menyampaikan kabar baik, mohon disimak ya...

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News