Ketua MPR: Hubungan Indonesia-Saudi Bisa Makin Dekat

Ketua MPR: Hubungan Indonesia-Saudi Bisa Makin Dekat
Raja Salman dan Sultan Muhammad V. Foto: SPA

jpnn.com - jpnn.com - Ketua MPR Zulkifli menilai kunjungan pemimpin Arab Saudi ke Indonesia setelah 47 tahun lamanya, bukan sekedar bersejarah tapi penting bagi kedua negara untuk meningkat hubungan di berbagai bidang terutama ekonomi.

"Saya kira ini memontum penting dalam meningkat hubungan kedua negara. Masa kita kalah sama Malaysia," kata Zulkifli Hasan menjawab pertanyaan wartawan usai memberi materi Empat Pilar di depan mahasiswa Universitas Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Selasa (28/2).

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim, kata Zulkifli, kedatangan Raja Salman harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Seperti untuk pengembangan hubungan keagamaan, bank syariah maupun industri pariwisata kedua negara.

"Termasuk bagaimana memecahkan persoalan ketika rakyat Indonesia mau naik haji harus antrinya 10 atau 20 tahun. Artinya, bagaimana jatah haji kita atau kuota haji kita bisa ditingkatkan," tegas dia.

Selain itu, kedua ngara juga bisa meningkatkan hubungan budaya, serta kerja sama dalam menangkal radikalisme.

"Indonesia yang menganut demokrasi Pancasila bisa bekerjama dengan negara-negara Arab dalam mencegah radikalisme ini," pungkas politikus asal Lampung tersebut.(fat/jpnn)


Ketua MPR Zulkifli menilai kunjungan pemimpin Arab Saudi ke Indonesia setelah 47 tahun lamanya, bukan sekedar bersejarah tapi penting bagi kedua


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News