JPNN.com

Ketua MPR Minta Pembatasan Mobilitas Diperketat

Selasa, 26 Mei 2020 – 23:20 WIB Ketua MPR Minta Pembatasan Mobilitas Diperketat - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyoroti penambahan kasus positif Covid-19. Per 25 Mei 2020 ada tambahan 479, sehingga total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 22.750.

Mantan ketua DPR itu mengingatkan masyarakat agar sebaiknya menghindari bepergian jika tidak diperlukan sama sekali dan tetap memperhatikan protokol kesehatan World Health Organization (WHO).

"Hal ini agar meminimalisir terpaparnya virus di perjalanan maupun tempat umum, dikarenakan virus ini juga dapat dimiliki oleh orang tanpa gejala (OTG)," kata dia, Selasa (26/5).

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu mendorong pemerintah mengevaluasi implementasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah dalam beberapa minggu terakhir. Baik itu pergerakan sosial, aktivitas sosial, aktivitas di luar rumah maupun di lingkungan, di pasar, dan sejumlah tempat-tempat pertumbuhan ekonomi lainnya.

Bamsoet juga meminta pemerintah meningkatkan dan memperketat pengaturan mobilitas sosial dengan tetap menjaga jarak, di mana pergerakan manusia merupakan faktor utama dalam membawa Covid-19. "Supaya tujuan PSBB dapat tercapai secara optimal," tegasnya.

Lebih lanjut Bamsoet menyatakan mendukung pemerintah, dalam melaksanakan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemik.

"Namun, MPR mengingatkan agar panduan tersebut dapat diterapkan secara disipin dan tegas, serta memastikan tidak tumpang tindih dengan aturan yang berlaku lainnya. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil