Keunikan Pulau Bawean Sebagai Miniatur Indonesia

Keunikan Pulau Bawean Sebagai Miniatur Indonesia
Keunikan Pulau Bawean Sebagai Miniatur Indonesia. Foto JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Pulau Bawean secara administratif sejak tahun 1974 masuk wilayah Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Berada di Laut Jawa, pulau ini dihuni oleh banyak etnis yang kemudian berasimilasi. Makanya, penduduk setempat mengklaim bahwa merekalah miniatur Indonesia sesungguhnya.

Tapi, bagaimana keunikan Pulau Bawean dari sudut pandang Dosen Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Dr. Sri Wiryanti Budi Utami, M.Si?

Berikut kesimpulannya yang unik setelah melakukan pengataman terhadap Pulau Bawean.

===========================
Abdul Basith - Radar Bawean
===========================

Keunikan Pulau Bawean Sebagai Miniatur IndonesiaDosen Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga, Dr. Sri Wiryanti Budi Utami, M.Si. Foto Radar Bawean/JPNN.com

Wiryanti memiliki sudut pandang tersendiri saat ditanya perihal Pulau Bawean. Pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur dinilai memiliki keunikan yang tidak ditemukan di pulau yang lain.

”Bawean itu merupakan daerah yang unik,”katanya.

Berada di Laut Jawa, pulau ini dihuni oleh banyak etnis yang kemudian berasimilasi. Makanya, penduduk setempat mengklaim bahwa merekalah miniatur Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News