Keuntungan Nelayan Berkurang Bila BBM Naik

Keuntungan Nelayan Berkurang Bila BBM Naik
Keuntungan Nelayan Berkurang Bila BBM Naik
MATARAM-Para nelayan di pesisir Pantai Ampenan merasa keberatan terhadap rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan depan. Mereka merasa kenaikan harga BBM bakal makin mempersulit usaha mereka mencari ikan di laut.

‘’Kalau harga BBM naik, bagaimana kita bisa mencari ikan. Tidak mungkin kami harus mendayung sampan sampai ke tengah laut,’’ ujar Zul, nelayan asal Kampung Bangsal.

Hampir semua nelayan di pesisir Pantai Ampenan merupakan nelayan tradisional. Mereka menggunakan sampan yang didorong mesin berbahan bakar BBM untuk mencari ikan di laut.  Menurut sejumlah nelayan, sekali melaut paling banyak mereka memperoleh untung 20 persen dari total ikan tangkapannya.

Sebab, sebagian besar uang yang diperoleh dari hasil menjual ikan, digunakan untuk membeli BBM. Sebagian lagi untuk membeli bekal selama melaut, perbaikan jala dan sebagainya.  Keuntungan yang hanya 20 persen dari hasil tangkapan inilah yang dibagi rata antara nelayan dan pemilik perahu.

 

MATARAM-Para nelayan di pesisir Pantai Ampenan merasa keberatan terhadap rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News