Khawatir Roket Korut, Jepang Siagakan Rudal di Tokyo

Khawatir Roket Korut, Jepang Siagakan Rudal di Tokyo
Khawatir Roket Korut, Jepang Siagakan Rudal di Tokyo
TOKYO - Jepang telah menyiagakan sistem rudal pertahanan mereka di pusat kota Tokyo Sabtu (7/4) kemarin, sebagai antisipasi rencana peluncuran roket oleh Korea Utara. Hal ini dilakukan setelah persiapan sebelumnya hanya dilakukan di wilayah perairan negara matahari terbit tersebut.

Situs berita AFP, Minggu (8/4) melaporkan, selain rudal Patriot yang disiagakan di tiga fasilitas militer di Tokyo, Kementerian Pertahanan Jepang juga mengirimkan tiga kapal perang yang dilengkapi perangkat pertahanan Aegis ke perairan Laut China Timur  yang memisahkan negeri matahari terbitu itu dengan Korea Utara.

"Langkah terakhir ini menyempurnakan penyiagaan PAC3 yang kami lakukan sebelumnya,” ungkap seorang pejabat di Kemenhan Jepang. PAC-3 merupakan sistem pertahanan yang mampu menembakkan rudal dari laut atau darat ke udara. Sedangkan Aegis adalah sistem pertahanan rudal balistik buatan Amerika Serikat (AS) yang terintegrasi dengan persenjataan canggih pada kapal perang.

 

Bulan lalu, Korut mengungkapkan rencananya untuk mengorbitkan satelit untuk penelitian ilmiah antara tanggal 12 dan 16 April mendatang guna memperingati 100 tahun kelahiran Kim Ill-Sung yang jatuh pada tanggal 15 April. Akan tetapi AS dan sekutunya mencurigai rencana tersebut sebagai uji coba rudal tersembunyi.

TOKYO - Jepang telah menyiagakan sistem rudal pertahanan mereka di pusat kota Tokyo Sabtu (7/4) kemarin, sebagai antisipasi rencana peluncuran roket

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News