Khumbi Layani Trek sampai 600 Km

Khumbi Layani Trek sampai 600 Km
Khumbi, sarana transportasi rakyat di Afsel. Foto: Dani Nur Subagyo/Jawa Pos.
JOHANNESBURG - Tidak sulit mengenali minibus di Afsel. Kendaraan jenis minibus di Afsel memang hanya dipergunakan untuk transportasi publik. Dengan warna dominan putih, minibus atau yang biasa disebut khumbi itu merupakan sarana transportasi paling merakyat. Yah, mirip angkot apabila di Indonesia.

Naik khumbi harus siap dengan ketidaknyamanan. Sebab, minibus idealnya diisi 10 orang. Itu pun jika tidak ada yang memiliki berat badan "luar biasa". Tapi, supir khumbi biasanya menjejali isi kendaraannya sampai 15 orang. Wajar, karena tarif khumbi memang murah.

Khumbi rata-rata melayani rute pendek dalam kota. Kurang lebih dalam jarak 10-20 km. Jika  jaraknya lebih jauh, harus pindah ke khumbi jurusan lainnya. Tarifnya berkisar dari 10 rand sampai 20 rand (Rp 12.500 sampai Rp 25 ribu). Berarti, untuk satu km, sama saja dengan membayar satu rand (Rp 1.250).

Khumbi tentu bisa menjadi transportasi para suporter sepakbola selama Piala Dunia, karena harganya murah meriah. Suporter tidak hanya bisa menggunakan khumbi dalam kota. Ada khumbi yang siap disewa antarkota. Sehari-hari di Afsel, khumbi maksimal hanya melayani jarak sekitar 100 km. Tapi, selama Piala Dunia, khumbi bisa melayani trek sampai 600 km.

JOHANNESBURG - Tidak sulit mengenali minibus di Afsel. Kendaraan jenis minibus di Afsel memang hanya dipergunakan untuk transportasi publik. Dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News