Kiai Muda Ganjar Gelar Khitanan Massal di Kabupaten Ngawi

Kiai Muda Ganjar Gelar Khitanan Massal di Kabupaten Ngawi
Kiai Muda Ganjar Adakan Khitanan Massal di Kabupaten Ngawi. Foto: Relawan Ganjar

jpnn.com - Memasuki libur sekolah, Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar berkolaborasi dengan GP Ansor Kabupaten Ngawi menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal bagi anak-anak di Dusun Ngantru, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (27/6/2023).

Kegiatan ini diawali dengan kirab bentor yang mengiri para peserta khitanan masal dengan mengelili Ngawi menuju tempat kegiatan.

Acara ini turut dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Jatmiko dan Kepala Desa Ngawi Eko Budi yang membuka dan mengirngi jalannya kegiatan.

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi menyebut khitanan massal ini cukup penting bagi para anak-anak. Selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga menghindari adanya najis pada anggota badan saat beribadah.

"Anjuran agama yang diamanatkan dari Rasulullah, kemudian dari sisi kesehatan, khitan itu membersihkan kotoran yang tersisa dari kotoran buang air kecil. Ketika sudah dikhitan, InshaAllah akan menjadi suci dan terbebas dari penyakit," ujar Ali dalam keterangannya.

Ali menambahkan, Kiai Muda bekerja sama dengan pemerintah dan ormas dalam menggelar acara tersebut.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti kepala desa, ormas, bahkan pemerintah Kabupaten Ngawi untuk membantu mereka yang kurang mampu dalam melaksanakan khitan bagi anaknya," lanjut Ali.

Total, ada 32 anak yang mengikuti sunat massal ini. Masyarakat dan orang tua dalam kegiatan tersebut tampak antusias mengikuti rangkaian acara.

Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar berkolaborasi dengan GP Ansor Kabupaten Ngawi menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News