Kiat Memilih Jenis Sabun untuk Penderita Eksim

Kiat Memilih Jenis Sabun untuk Penderita Eksim
Ilustrasi mandi.

jpnn.com - Eksim atau eksem merupakan penyakit kulit yang umumnya diderita seseorang dengan bakat alergi. Maka dari itu, perawatan khusus pun diperlukan untuk menghindari terjadinya kekambuhan, termasuk dalam pemilihan sabun yang digunakan sehari-hari. Lalu, sabun seperti apa yang aman untuk penderita eksim?

Eksim, atau dalam dunia medis dikenal sebagai dermatitis atopik, adalah suatu kondisi kulit di mana terjadi reaksi alergi yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan bersisik. Pencetusnya dapat meliputi alergen, terlalu panas atau berkeringat, stres emosional, makanan, kontak dengan hewan peliharaan, dan sabun yang tidak tepat.

Hal itulah yang membuat seorang penderita eksim harus berpikir dua kali dalam pemilihan produk yang akan berkontak dengan kulitnya. Sebab, produk tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitnya ke depan.

Penggunaan produk seperti sabun cuci tangan, sabun cuci muka, dan sabun mandi yang salah dapat menyebabkan gejala eksim yang berat. Oleh sebab itu, orang yang menderita eksim memiliki kesulitan dalam melindungi kulitnya dari paparan lingkungan.

BACA JUGA: Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini

Tips memilih sabun untuk penderita eksim

Memilih sabun yang dapat membersihkan kulit tanpa menyebabkan iritasi adalah hal wajib bagi para penderita eksim. Sebelum memilih sabun, penderita eksim pun perlu memperhatikan beberapa kondisi berikut:

- Perubahan kulit

Hal itulah yang membuat seorang penderita eksim harus berpikir dua kali dalam pemilihan produk yang akan berkontak dengan kulitnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News