JPNN.com

Kiat Menambah Berat Badan untuk si Kurus

Minggu, 23 Juni 2019 – 11:19 WIB
Kiat Menambah Berat Badan untuk si Kurus - JPNN.com

jpnn.com - Untuk kebanyakan orang, agar bisa mencapai berat badan ideal, biasanya yang diperlukan adalah menurunkan berat badan karena kegemukan, atau bahkan obesitas. Namun, ada sebagian orang lagi yang justru berbadan terlalu kurus dan sulit menambah berat badan. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, maka perlu menyimak tips menambah berat badan secara sehat berikut ini.

Ketika Anda yang kekurusan tak juga mencapai berat badan ideal, akhirnya faktor-faktor lain seperti genetik, proses kecepatan metabolisme individu, bahkan cacingan mulai dicurigai sebagai penyebabnya.

Meskipun kenyataannya faktor genetik dan kecepatan metabolisme seseorang memang mempunyai peran, tetapi pola hidup seperti diet dan olahraga yang berperan lebih besar dalam menentukan berat badan seseorang. Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan untuk menambah berat badan secara sehat? Simak tips berikut ini.

Makan banyak dan sering
Prinsipnya, jika ingin menambah berat badan, harus ada lebih banyak yang masuk daripada keluar. Hal itu juga berlaku sebaliknya jika ingin menurunkan berat badan. Artinya, kalori yang masuk ke tubuh harus lebih banyak daripada yang dibakar atau digunakan.

Kesalahan yang banyak dilakukan adalah meningkatkan porsi makanan, tapi karena terlalu kenyang, sehari jadi hanya makan 2-3 kali. Nyatanya, untuk menambah berat badan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan frekuensi makan menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi normal atau lebih sedikit.

Dengan begitu, Anda tidak mudah kenyang dan mampu untuk makan kembali. Selain itu, di sela-sela jam makan, Anda juga bisa makan camilan yang tentunya bukan kue manis atau makanan ringan. Camilan yang disarankan adalah buah, yoghurt, atau oatmeal.

Konsumsi karbohidrat, protein, dan lemak
Ketiga zat ini adalah makronutrien sebagai sumber kalori utama untuk tubuh. Maka dari itu, Anda memerlukan ketiganya untuk menambah berat badan.

Sumber karbohidrat yang sering Anda konsumsi adalah nasi, roti, kentang, singkong, mie, pasta, dan yang berbahan tepung. Selain yang sudah disebut sebelumnya, sumber karbohidrat yang baik adalah yang tinggi serat seperti nasi merah dan oatmeal agar tidak terjadi lonjakan gula darah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy