Kilang Masela di Darat, Ketua Komisi VII: Siapa yang Bermain?

Kilang Masela di Darat, Ketua Komisi VII: Siapa yang Bermain?
Presiden Joko Widodo saat jumpa pers mengumumkan keputusan soal Blok Masela. Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengakhiri polemik pengelolaan Blok Masela dengan memutuskan pengembangan (Plan of Development/POD) dilakukan di darat (onshore). Namun, keputusan tersebut masih dipertanyakan oleh Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu.

"Terkait Blok Masela, bagi saya pribadi menyimpan pertanyaan besar. Bukankah kesepakatan di awal off shore? Hanya karena ada temuan akhir cadangan yang lebih besar sehingga investor wajib menyampaikan PoD baru sesuai dengan data terakhir," katanya di Gedung DPR Jakarta, Kamis (24/3).

Wakil ketua fraksi Partai Gerindra itu juga mempertanyakan mengapa sampai ada perhitungan yang berbeda dan saling bertentangan. Di mana  yang satu off shore lebih murah, sedangkan yang satunya lagi sebaliknya.

"Bukankah ini akan berdampak bagi kepercayaan investor. Siapa yang bermain dan siapa yang diuntungkan?" ujar Gus Irawan, mempertanyakan.

Politikus asal daerah pemilihan Sumatera Utara II ini menegaskan, semua pengelolaan sumber daya alam harus menguntungkan rakyat sebesar- besarnya, namun kebijakan pemerintah juga jangan sampai meragukan bagi investor. 

"Pasti ketidakkonsitenan sikap pemerintah akan berdampak pada kepercayaan investor," tegasnya.

Dengan sikap Presiden Jokowi mengenai Blok Masela, menurutnya pemerintah saat ini jangan tanggung-tanggung. "Pandangan saya sekalian saja tarik kembali dan serahkan kepada BUMN, itu baru sesuai amanah UUD 1945 pasal 33," pungkas Gus Irawan. (fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News