King of Soundtrack, Nidji Ibaratkan Mobil Ferrari

King of Soundtrack, Nidji Ibaratkan Mobil Ferrari
Nidji. Foto: JPNN.com

jpnn.com - GRUP Band Nidji rupanya sudah cukup banyak menghasilkan karya untuk kebutuhan soundtrack film. Paling tidak, sudah ada 12 soundtrack film layar lebar yang mereka telurkan sejak berkarya di panggung musik tanah air. Keduabelas original soundtrack (Ost) itu terangkum dalam 5 film layar lebar.

Di antaranya, Laskar Pelangi, Sang Pencerah, 5 Cm, Serial Heroes, dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Judul lagunya antara lain, Sumpah dan Cinta Matiku dari Ost Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Di Atas Awan dan Rahasia Ost 5 Cm, Heaven dan Shadow Ost Heroes, serta Laskar Pelangi Ost Laskar Pelangi.

Tidak hanya filmnya yang mencuri perhatian masyarakat, sejumlah Ost yang dibuat Giring (vokal), Rama dan Ariel (gitar), Adrie (drum), Andro (bass), dan Randy (keyboard) itu pun laris manis di tengah mati surinya industri musik. ’’Bagi kami, membuat sountrack itu sebuah tantangan. Karena membuat soundtrack itu seperti membuat mobil Ferari, serius dan didesain khusus,’’ ujar Giring seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com).

Setiap lagu yang dihadirkan grup musik yang terbetuk 12 tahun lalu itu pun dihadirkan dalam nuansa yang beragam. Tidak hanya bertemakan cinta, tema yang disuguhkan disesuaikan dengan alur cerita masing-masing film. Bisa bertema perjuangan, drama percintaan, maupun petualangan.

’’Membuat soundtrack itu harus mampu menyatukan cerita film dengan musiknya. Pendengar diajak menyatu dengan cerita film saat mendengarkan lagu,’’ ulas Giring lagi. Giring bahkan mengakui, semua Ost dikerjakan penuh keseriusan. Tidak hanya liriknya, tetapi irama musik pun dibuat sedramatisir mungkin.

Sepertinya memang ada chemistery yang kuat antara Nidji dengan dunia sinematografi. Mereka selalu mampu menyuguhkan warna yang berbeda pada setiap karyanya. Tidak salah mereka pun disebut sebagai King of Sountrack. ’’Gelar King itu tantangan. Kita siap terima tantangan dan bertanggungjawab dengan karya yang kita ciptakan. Bukan beban tapi tantangan,’’ tegas Randy. (ash)


GRUP Band Nidji rupanya sudah cukup banyak menghasilkan karya untuk kebutuhan soundtrack film. Paling tidak, sudah ada 12 soundtrack film layar lebar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News