Klem Penyambung Kabel Diduga Lemah

Dugaan Sementara Penyebab Ambruknya Jembatan Kartanegara

Klem Penyambung Kabel Diduga Lemah
Klem Penyambung Kabel Diduga Lemah
JAKARTA - Penyebab ambruknya jembatan Kartanegara di Tenggarong, Kaltim mulai sedikit terkuak. Kementerian Pekerjaan Umum telah membuat kesimpulan sementara tentang penyebab terjadi tragedi yang memakan puluhan korban jiwa tersebut.

 

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, ambruknya jembatan pada 26 November lalu itu karena lemahnya klem penyambung antara kabel vertikal dan kabel utama. Namun, itu belum menjadi kesimpulan. Untuk kepastiannya, hingga saat ini masih diselidiki, apa faktor utama yang menyebabkan klem penyambung itu terlepas.

Menurut Djoko, setelah jembatan itu roboh, pihaknya melihat bahwa semua kabel jembatan utuh, tidak ada yang terputus. Baik itu kabel utama mau pun kabel penggantung vertikal.

"Jadi penyebabnya bukan masalah kabel. Kabel-kabel itu kan bantuan pemerintah pusat. Sudah lolos ujicoba terowongan angin di Monash University, Australia. Kabelnya sendiri buatan Kanada," ujarnya, Kamis (1/12)

JAKARTA - Penyebab ambruknya jembatan Kartanegara di Tenggarong, Kaltim mulai sedikit terkuak. Kementerian Pekerjaan Umum telah membuat kesimpulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News