KLHK dan Kemenkominfo Luncurkan SMS Blast Informasi Karhutla

KLHK dan Kemenkominfo Luncurkan SMS Blast Informasi Karhutla
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menkominfo Rudiantara saat peluncuran sistem penyampaian informasi kebakaran. Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berjalan dengan signifikan. Karhutla pada 2015, memberikan pengalaman berharga bagi Indonesia untuk melakukan langkah pencegahan agar tidak terulang kejadian serupa.

Saat itu, Presiden Joko Widodo secara langsung memimpin dan menangani langkah-langkah penyelesaiannya di lapangan.

"Saat ini bisa dirasakan hasilnya, selama dua tahun dan masuk tahun ketiga, tidak ada lagi transboundary haze (kabut asap lintas batas), tidak ada karhutla yang signifikan atau yang berarti. Dengan demikian, kami berhasil menangani hal itu. Upaya ini atas kerja keras semua pihak,” ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya saat peluncuran Sistem Informasi Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui SMS (SMS Blast), di Jakarta, Rabu (4/7).

Bertepatan dengan pelaksanaan ajang olahraga se-Asia, Asian Games ke-XVIII, tahun 2018 di Jakarta dan Palembang, diharapkan sistem informasi melalui SMS blast ini, mampu memberikan edukasi bagi masyarakat untuk melakukan pencegahan karhutla yang ada di daerah mereka, terutama yang berada di kawasan pelaksanaan ajang ini dan daerah sekitarnya, seperti Provinsi Riau, dan Jambi.

KLHK menjalin kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), meluncurkan Sistem Informasi Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui SMS (SMS Blast).

Hal ini dirasa perlu dilakukan melihat peningkatan penggunaan ponsel pintar di masyarakat, sehingga penyampaian informasi lebih efektif dan langsung bisa diakses oleh masyarakat.

Disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya, kehadiran sms blast ini sebagai bagian dari sistem informasi, dan teknologi yang membuat langkah-langkah pengendalian karhutla semakin sistematis dan instrumen kerjanya lebih modern.

“Jadi dengan sms blast ini, kita mengangkat lagi dan lebih mendorong lagi kepedulian masyarakat, juga sebagai early warning system (sistem peringatan dini), serta untuk menambah gairah masyarakat dalam menjaga alam dan lingkungan, khususnya dari karhutla,” kata Siti Nurbaya.

Sistem Informasi Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui SMS diluncurkan bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games XVIII.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News