Koalisi Gerindra-PKB Mengikat, Sudah Bicara Kandidat Presiden-Wakil Presiden?

Koalisi Gerindra-PKB Mengikat, Sudah Bicara Kandidat Presiden-Wakil Presiden?
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9). Foto: Aristo Setiawan/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan koalisi Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sifatnya mengikat.

Kedua partai telah menandatangani deklarasi berkoalisi di Pemilu 2024 pada Agustus 2024 lalu.

"Jadi, kedua partai ini mengikatkan diri satu sama lain dalam kerja sama politik pada Pilpres 2024 untuk menentukan pasangan capres dan cawapres," ujar Muzani di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/11).

Menurut Muzani, Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar memiliki hak untuk menentukan siapa pasangan yang akan didukung.

Selain itu, kedua ketua umum partai tersebut juga memiliki hak yang sama untuk memveto setiap nama yang diajukan untuk diusung sebagai kandidat presiden maupun kandidat wakil presiden.

Muzani mengakui koalisi Gerindra dengan PKB belum memutuskan pasangan kandidat yang akan diusung.

"Sampai sekarang koalisi ini belum berbicara tentang siapa calon presidennya dan siapa calon wakil presidennya."

"Untuk memutuskan siapa calon presiden dan siapa calon wakil presiden, kedua (partai) sepakat ditentukan oleh kedua ketua umum," ucapnya.

Koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sifatnya mengikat, sudah bicara soal kandidat presiden-wakil presiden belum?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News