Koleksi 'Bangkai' Mobil Perang untuk Kemanusiaan

Koleksi 'Bangkai' Mobil Perang untuk Kemanusiaan
KOLEKSI - Alok Adiranto sedang memasang bendera bakti sosial di truk Dodge buatan AS, di garasi miliknya kawasan Rempoa, Jakarta Selatan, Rabu (31/3). Foto: Sugeng Sulaksono/Jawa Pos.
Ketika pensiun, Alok Adiranto punya hobi yang tergolong langka. Dia mengoleksi dan memberdayakan "rongsokan" mobil-mobil perang. Selanjutnya, mobil-mobil itu digunakan untuk menolong warga miskin yang menderita penyakit-penyakit berat seperti Lepra, Kaki Gajah dan TBC. Alok ingin hidupnya lebih bermakna di usia senja.

Laporan SUGENG SULAKSONO, Jakarta

GARASI
itu luasnya sekitar 1.500 meter persegi. Letaknya di Jl Ksatrian, Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan. Menyaksikan garasi itu, sekilas mirip sebuah pangkalan militer. Sebab, di sana terparkir dengan gagahnya belasan kendaraan militer, mulai dari jenis truk hingga jip. Ketika Jawa Pos berada di garasi itu Rabu pagi lalu (31/3) sekitar pukul 08.00, Alok sang pemilik, terlihat sedang duduk santai di antara mobil-mobil militer tersebut.

Sudah beberapa tahun terakhir ini, Alok punya kebiasaan, setiap selesai salat Subuh, dia menuju ke garasi tersebut. Jaraknya kira-kira 500 meter dari rumahnya. Begitu tiba di garasi, satu per satu mobil yang menjadi koleksinya dihidupkan mesinnya, sekadar untuk dipanasi.

Ketika pensiun, Alok Adiranto punya hobi yang tergolong langka. Dia mengoleksi dan memberdayakan "rongsokan" mobil-mobil perang. Selanjutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News