Kolombia vs Jepang: Saatnya Radamel Falcao Beraksi!

Kolombia vs Jepang: Saatnya Radamel Falcao Beraksi!
Striker Kolombia, Radamel Falcao (dua kiri). Foto: AFP

jpnn.com, SARANSK - Penantian Radamel Falcao berakhir di Piala Dunia 2018. Setelah menunggu empat tahun gara-gara cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada Januari 2014, kini Falcao siap beraksi di Rusia.

Falcao gagal tampil di Piala Dunia 2014 Brasil. Padahal Falcao mengantar Kolombia sebagai runner-up kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Conmebol. Maka matchday pertama Grup H antara Kolombia melawan Jepang malam ini (19/6) di Mordovia Arena menjadi pelampiasan buat Falcao. Walau kini usianya sudah 32 tahun, Falcao tetap sosok predator di lini belakang Jepang.

Seperti diberitakan Sky Sports kemarin (18/6) Falcao bukan hanya menunggu empat tahun buat mencicipi Piala Dunia pertamanya. Melainkan sebelas tahun. Atau terhitung sejak penyerang berjuluk El Tigre dipanggil timnas Kolombia 7 Februari 2007 silam. Saat itu, usia Falcao masih 20 tahun dan 11 bulan.

“Piala Dunia merupakan mimpi buat saya. Saya sangat termotivasi untuk membantu Kolombia lolos ke Piala Dunia dan bermain di ajang tersebut,” kata Falcao. “Dan saya merasa siap buat tampil disana saat ini,” tambah mantan penyerang Porto, Atletico Madrid, dan AS Monaco tersebut.

Falcao tidak banyak berkontribusi di kualifikasi Piala Dunia 2018 jika dibandingkan dua kali kualifikasi Piala Dunia yang diikutinya. Menuju Rusia musim panas ini, Falcao cuma tampil delapan kali dengan kontribusi dua gol serta satu assist.

Akan tetapi pelatih Kolombia Jose Pekerman tetap memberikan kepercayaan yang besar kepada Falcao. Performanya di Monaco musim ini, 24 gol serta lima assist dalam 36 penampilan di semua ajang memastikan satu tempat buat Falcao di skuat Kolombia.

Pilihan Pekerman menyertakan Falcao ke dalam skuatnya sesungguhnya berbau perjudian. Menurut Sportskeeda, kalau melihat rekam jejak cedera Falcao musim ini pemain 32 tahun itu tidaklah terlalu bugar.

Musim ini tercatat sebanyak tiga kali Falcao menepi dari skuat Monaco. Yakni 23 Oktober-13 November. Kemudian 25 Desember sampai 15 Januari. Lantas 5 sampai 26 Februari. Semuanya karena bermasalah dengan hamstring. Totalnya Falcao beristirahat 63 hari.

Duel Kolombia vs Jepang akan digelar di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (19/6) mulai pukul 19.00 WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News