Kolonel Citro Resmi Jabat Komandan Menbanpur 2 Marinir

Kolonel Citro Resmi Jabat Komandan Menbanpur 2 Marinir
Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi (tengah) bersama Kolonel (Mar) Arinto Beny Sarana dan Kolonel (Mar) Citro Subono. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pucuk pimpinan komandan resimen bantuan tempur (Danmenbanpur) 2 Marinir Pasmar 2 resmi berganti. Jabatan yang awalnya dipegang Kolonel (Mar) Arinto Beny Sarana itu telah resmi diserahkan kepada Kolonel (Mar) Citro Subono. Serah terima jabatan berlangsung di Lapangan Apel Sutedi Senaputra Kesatrian Bhumi Marinir, Karang Pilang, kemarin (16/1).

Upacara sertijab dipimpin Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi. Sejumlah kendaraan taktis milik Menbanpur 2 Marinir turut dihadirkan di belakang barisan pasukan. Menurut Endi, pergantian pimpinan penting dilakukan. Tujuannya, menyiapkan pemimpin yang akan datang dan melakukan penyegaran di lingkup organisasi.

Endi menambahkan, Menbanpur 2 Marinir cukup memiliki peran strategis. Tugas pokoknya adalah menyediakan kekuatan untuk melaksanakan tugas bantuan perbekalan, angkutan bermotor, komunikasi, zeni, provos, dan kesehatan. "Pasukan ini yang sering kami terjunkan untuk membantu korban bencana di Palu, Lombok, Banten, dan kecelakaan pesawat terbang lalu," ujar jenderal bintang satu tersebut.

Hal itu menjadi tantangan untuk Kolonel (Mar) Citro Subono sebagai komandan baru. Sertijab yang dilaksanakan pada masa pergantian musim -banyak bencana alam yang mengintai- membuat dia harus selalu siaga. Terlebih untuk menyiagakan pasukan agar siap bertugas di medan bencana. "Untuk itu, kami selalu siagakan satu pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana yang siap berangkat kapan pun jika terjadi bencana," imbuhnya.

Selain itu, pasukan Menbanpur disiagakan untuk kebutuhan internal organisasi. Yakni, operasi pendaratan amfibi, pertahanan pantai, dan operasi dari satuan tugas TNI-AL lainnya. (din/c7/ady) 

Menbanpur 2 Marinir cukup memiliki peran strategis. Tugas pokoknya adalah menyediakan kekuatan untuk melaksanakan tugas bantuan perbekalan dll


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News