Kombes Yusri: Penyidik Segera Tetapkan Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang

Kombes Yusri: Penyidik Segera Tetapkan Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat memberikan keterangan di RS Polri Kramat Jati, Jaktim pada Jumat (10/9). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya telah mengumpulkan sejumlah bukti-bukti  terkait kasus kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten.

Saat ini, penyidik sudah menaikkan kasus itu ke tingkat penyidikan seusai melakukan gelar perkara. Artinya, kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan 44 orang itu ditemukan unsur pidananya.

Di hadapan awak media, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus  memastikan sejauh ini penyidik tengah menyimpulkan unsur-unsur persangkaan pada Pasal 187 KUHP dan 188 juncto 359 KUHP.

"Kami mencari siapa tersangka di dalam ini, kemarin ditemukan ada dugaan tindak pidana setelah gelar perkara ada tindak pidana di situ," kata Yusri di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9).

Menurut pria asal Sulawesi Selatan itu, pada tragedi maut tersebut sejauh ini belum ada tersangka.

Hanya saja, berkas perkara musibah kebakaran tersebut resmi naik dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

"Apakah sudah ada tersangka? Belum, tetapi sudah naik ke tingkat penyidikan. Kalau kemarin penyelidikan kami masih mengundang klarifikasi, sekarang sudah panggilan resmi," ujar Yusri.

Terkini, sudah ada 22 saksi yang sudah dimintai keterangan. Penyidik lantas membagi menjadi tiga kelompok. 

Polda Metro Jaya mengumpulkan sejumlah bukti-bukti untuk mencari tersangka terkait kasus kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News