JPNN.com

Komnas HAM Menerjunkan Tim Khusus Menelusuri Kasus Sigi Sulteng

Rabu, 02 Desember 2020 – 21:11 WIB
Komnas HAM Menerjunkan Tim Khusus Menelusuri Kasus Sigi Sulteng - JPNN.com
Ilustrasi - Komnas HAM. Foto: ANTARA/Dyah Dwi

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menerjunkan tim setelah kejadian pembunuhan satu keluarga di Lewonu Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11). 

Tercatat tim telah terjun ke lokasi per Senin (30/11) dan dipimpin oleh kepala perwakilan kantor Komnas HAM Sulawesi Tengah Dedi Ashari.

"Komnas HAM itu kirim ke sana. Tim sedang proses di lapangan. Kemarin kami mengumpulkan semua informasi, semua bukti, dan sebagainya, termasuk juga bertemu tokoh agama di Palu dan beberapa tempat penting yang menurut kami," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam saat dihubungi jpnn, Rabu (2/12).

Menurut Anam, tim di lapangan untuk mengonfirmasi sejumlah informasi atas kasus pembunuhan satu keluarga di Sigi. Misalnya terkait dugaan pelaku berasal dari Mujahidin Indonesia Timur (MIT

"Tim masih di lapangan, aku belum dapat laporan. Cuma yang tim di lapangan itu untuk memperjelas informasi yang kami dapat saat ini, dugaan-dugaan. Misalnya dugaan pelaku MIT, kemungkinan besar seperti itu," ujar dia.

Selain menelisik informasi pelaku, kata Anam, tim dari Komnas HAM akan meneliti dugaan aparat keamanan bobol menjaga wilayah dari serangan MIT.

Diketahui, peristiwa pembunuhan satu keluarga terjadi di area wilayah Tim Tinombala. Sementara itu, kata Anam, kinerja Tim Tinombala sebenarnya sudah baik

Mereka sudah mampu memetakan teroris di wiilayahnya. Bahkan, tim tersebut tahu sosok yang masih berkeliaran di wilayah tugasnya. Hanya saja, ujar dia, peristiwa pembunuhan terhadap satu keluarga tetap terjadi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia