Komunitas Sopir Truk Pendukung Ganjar Gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Komunitas Sopir Truk Pendukung Ganjar Gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara
Komunitas Sopir Truk menggelar pelatihan keselamatan berkendara. dok Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, DUREN SAWIT - Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo menggelar sosialisasi keselamatan berkendara. Sosialisasi kepada para sopir truk itu digelar di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (4/1).

Ketua Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta Amirul Amin mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan truk di jalanan. Di samping itu, kata Amin, para sopir truk mesti memahami aturan-aturan lalu lintas.

"Sopir kan beda sama pekerjaan yang di kantoran, seleksi kita mungkin ngga ketat. Hanya perlu SIM, KTP, dan kemauan untuk bekerja. Kadang kelalain supir ini yang kadang bikin kecelakaan di jalan," kata Amin di lokasi, Rabu (4/12).

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya mempraktekan langsung cara-cara menjaga keselamatan sebelum berkendara. Seperti pengecekan ban, air radiator, kondisi oli, hingga penggunaan safety belt.

"Kondisi mobil sebelum berangkat mesti dicek airnya, ada oli, ada angin, terus bagaimana kondisi lampu-lampunya. Terus ketika berangkat sopir harus mematuhi keselamatan seperti menggunakan safetybelt," kata Amin.

Amin menuturkan para sopir truk juga diedukasi tentang pentingnya pengecekan mobil truk setelah berkendara.

Di samping itu, Amin menekankan sopir truk harus memiliki SIM sesuai dengan tipe mobilnya seperti B1, B2, atau B2 umum.

"SIM yang sesuai dengan truknya, terus ketika pulang pun nanti dia periksa lagi bagaimana keadaan mobilnya. Kalau memang ada masalah di mobilnya, segera lapor ke montir," kata Amin.

Komunitas Sopir Truk DKI Jakarta menggelar sosialisasi tentang keselamatan berkendara di Duren Sawit, Jaktim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News