Kongres V PDIP: Masihkah Hasto Kristiyanto jadi Sekjen?

Kongres V PDIP: Masihkah Hasto Kristiyanto jadi Sekjen?
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Belum ada yang meragukan Ketua Umum PDI Perjuangan Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri bakal terpilih kembali memimpin partai berlambang banteng moncong putih itu, tetapi masihkah kursi sekretaris jenderal menjadi milik Hasto Kristiyanto?

Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira mengatakan, soal posisi sekjen tergantung keputusan Megawati. Menurut Andreas, Megawati pasti akan melihat siapa sosok yang pantas menjadi sekjen di periode mendatang.

"Kami ini kan petugas partai, di mana pun ditugaskan adalah hal yang biasa. Makanya beda, kongres yang dilakukan PDI Perjuangan. Kami tidak sibuk rebutan ketua umum, terus kemudian siapa posisi di mana, tidak ada," kata Andreas di sela Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8).

Patut diketahui, saat ini yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PDIP adalah Hasto Kristiyanto. Selama kepemimpinan Megawati, belum ada ada sejarahnya sekjen PDI Perjuangan terpilih dua kali berturut-turut.

BACA JUGA: PDIP Kucurkan Rp 17,6 Miliar untuk Kongres V di Bali

Saat disinggung kemungkinan Hasto terpilih dua periode, menurut Andreas, peluang itu terbuka. "Bisa jadi," kata anggota DPR RI ini.

Meski begitu, kata Andreas, jabatan sekjen dan lainnya menjadi hak prerogatif Megawati. Setiap kader PDIP tidak bisa memaksakan kehendak untuk memiliki posisi di partai tersebut. "Ketua umum yang memutuskan. Anda ada di mana? Selesai, tidak perlu ada kasak-kusuk," jelas dia. (tan/jpnn)


Andreas menilai kemungkinan Hasto Kristiyanto terpilih kembali menjadi Sekjen PDI Perjuangan masih terbuka, meski sejarah tak berpihak.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News