Korban Sudah Lebihi Malvinas

Korban Sudah Lebihi Malvinas
Personil tentara Inggris di Afghanistan. Foto: Omar Sobhani/Reuters.
LONDON - Pantas saja publik Inggris geram terhadap kebijakan perang Afghanistan yang diambil Perdana Menteri Brown maupun pendahulunya, Tony Blair. Sebab, negeri penghasil opium Afghanistan, terbukti menjadi ladang pembantaian bagi serdadu asal negeri monarki konsitusional tersebut.

Hingga Selas (9/2) kemarin, tercatat sudah 256 tentara Inggris tewas di Afghanistan. Jumlah itu sudah melampaui tentara negeri tersebut yang kehilangan nyawa selama 74 hari Perang Malvinas pada 1982 melawan Argentina. Korban terakhir adalah anggota Resimen Teknik 36 yang meninggal akibat ledakan bom di Nad-e-Ali.

Di perang Malvinas yang berhasil dimenanginya, Inggris kehilangan 255 serdadu. Sedangkan di pihak Argentina, 655 tentara mereka tewas. Di luar kedua pihak yang berperang, ada tiga warga asli Pulau Malvinas alias Falkland yang juga tewas.

"Perang Falkland memang lebih konvensional. Kami dan Argentina sama-sama mengenakan seragam militer, jadi jelas musuhnya," kata Simon Weston, veteran Perang Malvinas, kepada The Independent.

LONDON - Pantas saja publik Inggris geram terhadap kebijakan perang Afghanistan yang diambil Perdana Menteri Brown maupun pendahulunya, Tony Blair.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News