Korut Bersedia Repatriasi

Korut Bersedia Repatriasi
Korut Bersedia Repatriasi
SEOUL - Korea Utara (Korut) akhirnya melunak soal repatriasi. Kemarin (15/3), dalam sebuah pesan tertulis yang dilayangkan ke Korea Selatan (Korsel), Pyongyang menyatakan bersedia menerima kembali 27 warganya yang terdampar ke negara tetangga bulan lalu. Rencananya, pemulangan akan dilakukan hari ini (16/3).

Terdamparnya 31 warga Korut ke pesisir Korsel bulan lalu, sempat meningkatkan tensi di Semenanjung Korea. Apalagi, setelah menjalani proses pemeriksaan, empat warga yang tiba dengan kapal ikan itu memilih untuk bertahan di Korsel. Pyongyang pun langsung menuding Seoul mengintimidasi empat warga Korut itu supaya membelot. Pyongyang lantas ngotot meminta repatriasi 31 warganya.

"Pihak kami bersedia memulangkan mereka (27 warga Korut)," kata jubir Kementerian Unifikasi Korsel sebagaimana dilansir Agence France-Presse. Pernyataan itu disampaikan, setelah beberapa jam sebelumnya, Seoul menerima surat resmi Korut yang menyatakan kesediaan mereka menerima kembali 27 warganya. Sedangkan, empat warganya yang membelot tak akan dipaksa pulang.

Rencananya, repatriasi akan dilakukan hari ini di Desa Panmunjom yang terletak di perbatasan dua negara. Pyongyang pun akan melibatkan Palang Merah Korut dalam proses resmi tersebut. Sayangnya, soal detail proses pemulangan tersebut, Korut belum memberikan jawaban.

SEOUL - Korea Utara (Korut) akhirnya melunak soal repatriasi. Kemarin (15/3), dalam sebuah pesan tertulis yang dilayangkan ke Korea Selatan (Korsel),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News