JPNN.com

Kostratani Kini Ibarat Menu Lengkap di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 12 April 2020 – 14:06 WIB
Kostratani Kini Ibarat Menu Lengkap di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.com
Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) gencar berperan dalam penyediaan stok pangan di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, dengan Kostratani pertanian lebih maju mandiri bahkan dengan pengolahan yang lebih modern.

Terlebih di tengah derasnya serangan wabah Covid-19 ini, Mentan SYL selalu menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan, sebelas komoditas bahan pokok dikawal pemerintah secara intens.

Hal demikian ditegaskan kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi yang mengatakan meskipun di tengah pandemi Covid-19, tetapi pertanian tidak berhenti, bahkan peran Kostratani justru menjadi sangat penting di kondisi ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan ekspor dengan basis IT.

“Kostratani ini ibarat menu lengkap, dari hulu hingga hilir pertanian akan menjadi maju, mandiri dan modern. Apalagi di saat ini corona atau Covid-19 yang sedang menyerang peran Kostratani ini menjadi meningkat dalam menyediakan stok pangan,” tegas Dedi.

Dibuktikan dengan hasil panen padi di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon tepatnya desa Jatianom panen padi varietas ciherang seluas 4 hektare dari potensi 23 hektar.

Hasil panen per hektar pada musim tanam ini mencapai 10.4 ton GKP per hektare.

Ini merupakan hasil upaya bersama antara petani, penyuluh dan peneliti pertanian dalam mengelola usaha tani sesuai SOP yang tepat dalam program Kostratani.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek