Kota Banjarbaru Dilanda Banjir, Polisi Kerahkan Tim Membantu Evakuasi Warga

Kota Banjarbaru Dilanda Banjir, Polisi Kerahkan Tim Membantu Evakuasi Warga
Anggota Polres Banjarbaru bersama tim SAR gabungan membantu evakuasi warga terjebak banjir di Gang Keluarga RT/RW 02/01, Kelurahan Loktabat Selatan. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARBARU - Sejumlah titik di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dilanda banjir setinggi satu meter setelah hujan mengguyur sejak dini hari hingga siang, Senin (4/7). 

Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid mengatakan kawasan paling parah terdampak banjir, di antaranya, Kecamatan Cempaka, dan Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, hingga ada yang setinggi pinggang orang dewasa.

"Salah satu pemukiman paling parah terdampak banjir di Gang Keluarga RT/RW 02/01, Kelurahan Loktabat Selatan,” jelas AKBP Nur Khamid di Banjarbaru, Senin (4/7).

Polres Banjarbaru mengerahkan Tim SAR dari Satuan Samapta beserta sejumlah unit sarana yang dimiliki seperti perahu karet dan sebagainya untuk membantu evakuasi warga. 

Patroli pemukiman warga yang terdampak banjirm serta monitoring debit air di seputar aliran sungai di wilayah Banjarbaru juga dilakukan hingga siang ini. “Beberapa warga sudah dievakuasi ke tempat lebih aman," katanya. 

Begitu juga di Kecamatan Cempaka, personel Polres Banjarbaru bersama tim SAR gabungan dan sukarelawan terus melakukan evakuasi terutama wanita dan anak-anak serta lansia yang jadi prioritas.

"Untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, anggota Polantas telah siaga dan memberikan arahan kepada pengendara ketika ada pengalihan arus menghindari banjir," ujar AKBP Nur Khamid.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan pada Senin, dipicu hujan ekstrem dengan intensitas sangat lebat di sekitar wilayah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Kota Banjarbaru, Kalsel, diterjang banjir setinggi satu meter. Banjir terjadi di beberapa titik setelah hujan mengguyur sejak dini hari hingga siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News