KPI Tak Berkutik Hadapi Kapitalisme TV

KPI Tak Berkutik Hadapi Kapitalisme TV
KPI Tak Berkutik Hadapi Kapitalisme TV
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Ahmad Basarah (F-PDIP) menyatakan bahwa negara dan masyarakat benar-benar tidak berdaya menghadapi kapitalisme televisi di Indonesia. Bahkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang diharapkan mampu menjadi filter, tak berdaya.

 

"KPI yang kita harapkan mampu menjadi filter penyiaran, ternyata sama sekali tak berkutik," tegas Ahmad Basarah, saat berlangsungnya uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPI Periode 2010 – 2013, di ruang rapat Komisi I DPR, Senayan Jakarta, Senin (26/4).

Menurutnya, KPI yang seharusnya di pisisi terdepan dalam melawan berbagai aksi propaganda terkait dengan kepentingan modal, bisnis dan ideologi kapitalisme, ternyata sangat lemah. Akibatnya, berbagai tayangan yang disiarkan oleh lolos tanpa kritik dan memasuki ruang-ruang publik secara leluasa.

Perihal kuatnya tekanan kapitalisme dan lemahnya kinerja KPI itu juga diungkap Ketua Fraksi PDIP Tjahjo Kumolo. "Kepincangan ini mengganggu perkembangan generasi muda yang hanya bertumpu pada KPI untuk melakukan pengawasan terhadap tayangan televisi,” ujarnya.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Ahmad Basarah (F-PDIP) menyatakan bahwa negara dan masyarakat benar-benar tidak berdaya menghadapi kapitalisme televisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News