KPK Apresiasi Kemensos Manfaatkan Data Kependudukan Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

KPK Apresiasi Kemensos Manfaatkan Data Kependudukan Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK yang juga Koordinator Pelaksana Stranas PK Pahala Nainggolan menyampaikan apresiasi atas upaya Kemensos memanfaatkan data kependudukan dalam penyaluran bantuan sosial agar efektif dan tepat sasaran. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan menyampaikan apresiasi atas upaya pencegahan korupsi yang dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos).

Koordinator Pelaksana Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) itu menyampaikan Kemensos memiliki capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang baik dengan utilisasi nomor induk kependudukan (NIK) untuk penyaluran bantuan sosial.

“Kemensos telah memanfaatkan data kependudukan dalam penyaluran bantuan sosial agar efektif dan tepat sasaran. Kemensos, menurut kami, capaiannya bagus,” kata Pahala Nainggolan dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6).

Pahala menyampaikan model kerja Stranas PK adalah penetapan rencana aksi dan harus dilakukan oleh kementerian yang terdaftar dalam rencana aksi.

Dia menyebutkan dari 76 kementerian/lembaga, Kemensos dinilai memiliki capaian rencana aksi pencegahan korupsi yang baik dengan utilisasi NIK.

Lembaga antirasuah ini menilai Kemensos melakukan langkah nyata memanfaatkan data kependudukan untuk efektivitas dan efisiensi kebijakan sektoral tahun 2021-2022.

"Ini penghargaan atas kementerian yang berkontribusi aktif dan responsif terhadap rencana aksi. Rencana aksi yang dilakukan Kemensos adalah utilisasi atau penggunaan NIK,” terangnya.

Sebagai informasi, skor KPK kepada Kemensos untuk penyaluran bansos sebesar 98, dan 100 untuk PBI-JKN.

KPK menyampaikan apresiasi atas upaya Kemensos memanfaatkan data kependudukan dalam penyaluran bansos agar efektif dan tepat sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News