KPK Tetapkan Pengacara Lukas Enembe Jadi Tersangka, Petrus Selestinus Bereaksi, Menohok

KPK Tetapkan Pengacara Lukas Enembe Jadi Tersangka, Petrus Selestinus Bereaksi, Menohok
Koordinator Pergerakan Advokat (Perekat) Nusantara Petrus Selestinus. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Pergerakan Advokat (Perekat) Nusantara Petrus Selestinus merespons langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan advokat atau pengacara Gubernur Nonaktif Papua Lukas Enembe sebagai tersangka.

Pengacara Lukas Enembe yang berstatus tersangka komisi antirasuah itu berinisial R.

Petrus Selestinus menilai KPK saat ini berada dalam kondisi anomali atau ketidakteraturan yang luar biasa dalam penegakan kukum ketika menghadapi profesi Advokat yang sedang menjalankan tugas sebagai Pembela dan Penasihat Hukum bagi seorang tersangka.

“Tindakan kepolisian dari KPK terhadap seorang Advokat, atas sangkaan melanggar Pasal 21 UU Tipikor, jelas merupakan tindakan yang bersumber dari keputusan yang bersifat "contra legem" sehingga menimbulkan anomali yang luar biasa bagi profesi Advokat,” ujar Petrus Selestinus, Sabtu (6/4).

Petrus yang juga Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) ini menyebut beberapa Advokat telah menjadi korban anomali penegakan hukum oleh KPK terutama ketika KPK menerapkan Pasal 21 UU Tipikor terhadap profesi Advokat dengan mengabaikan ketentuan Pasal 16 UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Selain itu, kata Petrus, KPK mengabaikan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 26/PUU-XI/2014, tanggal 14 Mei 2014 serta asas hukum lex posterior derogat legi priori.

Padahal putusan MK No. 26/PUU-XI/ 2014 tanggal 14 Mei 2014 itu bersifat erga omnes yang serta merta mengikat KPK.

Oleh karena itu, KPK harus tunduk pada kaidah Pasal 16 sampai Pasal 19 UU Advokat dan Putusan MK No. 26/PUU-XI/2014, yang memperluas wilayah imunitas profesi Advokat tidak saja dalam area persidangan pengadilan, akan tetapi juga ketika Advokat sedang menjalankan tugas profesinya di luar Pengadilan.

Koordinator Perekat Nusantara Petrus Selestinus merespons langkah KPK menetapkan advokat atau pengacara Gubernur Nonaktif Papua Lukas Enembe sebagai tersangka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News