KPU Kaltara Coret Dukungan Golkar dan Gerindra untuk Irau

KPU Kaltara Coret Dukungan Golkar dan Gerindra untuk Irau
KPU Kaltara Coret Dukungan Golkar dan Gerindra untuk Irau

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara memutuskan mencoret dukungan Partai Gerindra dan Golkar untuk pasangan calon gubernur Irianto Lambrie dan Udin Hianggio (Irau). Sebab, dukungan kedua parpol yang masing-masing memiliki 4 kursi di DPRD Kaltara itu dinilai tidak memenuhi syarat.

Komisioner KPU Kaltara, Rustam Akib mengungkapnya, dicoretnya Partai Gerindra maupun Golkar dari dukungan Irau karena tidak memenuhi syarat administrasi. Namun demikian, KPU tidak menggugurkan pencalonan Irau karena dukungan yang tersisa memenuhi syarat.

“Tapi karena kedua pengusung (Golkar dan Gerindra) yang tidak memenuhi syarat administrasi, nanti yang akan kami cetak (di Algaka), parpol yang memenuhi syarat,”  kata Rustam Akib kepada Radar Tarakan (Grup JPNN.com), Selasa (25/8).

Selain Golkar dan Gerindra, Irau juga mendapat dukungan dari PAN (3 kursi), PKS (2 kursi), PDIP (4 kursi), dan Demokrat (5 kursi). KPU juga menetapkan pasangan lainnya Jusuf SK dan Marthin Billa yang akan berkompetisi dengan Irau di Pilkada 2015 pada Desember nanti. Pasangan dengan tagline Pejuang itu didukung empat parpol, yakni Hanura (4 kursi), PKB (2 kursi), NasDem (2 kursi) dan PKPI (1 kursi).

Menanggapi pencoretan dukungan dari Golkar dan Gerindra, Ketua Tim Pemenangan Irau, Jhony Laing Impang menyampaikan, pihaknya akan mengkajinya.

Mantan pimpinan DPRD Kabupaten Malinau itu menyampaikan  alasan gagalnya kedua parpol tersebut menjadi pengusung.

“Untuk Gerindra surat tersebut (rekomendasi) langsung dari Ketum, hanya ketua DPD tidak di tempat. Adapun terkait Golkar disebabkan karena dualisme dan hanya mendapat rekomendasi dari kepengurusan kubu ARB,” bebernya.

KPU Kaltara juga telah menggelar pleno penetapan nomor urut. Hasilnya, Pejuang mendapat nomor urut 1, sedangan Irau nomor 2.

TANJUNG SELOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara memutuskan mencoret dukungan Partai Gerindra dan Golkar untuk pasangan calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News