KPU Luncurkan Sistem Informasi Logistik Pemilu

KPU Luncurkan Sistem Informasi Logistik Pemilu
Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meluncurkan sistem informasi logistik (Silog) Pemilu 2014 yang dibuat secara online, di Jakarta, Selasa (24/12).

KPU mengklaim sistem tersebut diluncurkan karena sangat berguna meningkatkan pengelolaan logistik pemilu 2014. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Dengan Silog, pengadaan dan distribusi logistik Pemilu diharapkan tepat jumlah, tepat jenis, tepat waktu, tepat sasaran, tepat kualitas, dan hemat anggaran.

“Penggunaan sistem ini sebagai bentuk keterbukaan KPU dalam pengadaan dan distribusi logistik Pemilu. Publik dapat melakukan pengawasan secara efektif sehingga hasil akhirnya menjadi lebih baik,” ujar Ketua KPU, Husni Kamil Manik, dalam sambutannya saat peluncuran Silog dilakukan di gedung KPU, Jakarta.

Menurut Husni, Silog dikembangkan atas kerja sama KPU dengan ITB dan BIGs. Untuk efektifitas pemanfaatan Silog, Husni meminta satuan kerja di semua tingkatan penyelenggara Pemilu, KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan up date data dan informasi setiap saat.

“Perlu komitmen yang kuat dan sungguh-sungguh dari KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk mengoptimalkan penggunaan Silog,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Komisioner KPU yang membidangi logistik, Arief Budiman, mengatakan publik dapat mengakses Silog melalui www.silog.kpu.go.id.

Melalui saluran tersebut, kata Arief, publik dapat melihat jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk setiap provinsi dan kabupaten/kota, jumlah panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPK), pemilih, surat suara, tinta sidik jari, formulir, kotak suara dan bilik suara.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meluncurkan sistem informasi logistik (Silog) Pemilu 2014 yang dibuat secara online,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News