KPU Tak Siap Gelar Pemilu ?

KPU Tak Siap Gelar Pemilu ?
KPU Tak Siap Gelar Pemilu ?
JAKARTA – Mencuatnya wacana agar pemilu ditunda yang diendus oleh capres Partai Gerindra Prabowo Subianto, menurut pengamat politik dari LIPI DR. Siti Zuhro merupakan bukti kongrit bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara kelembagaan belum siap melaksanakan pemilu.

“Wacana tersebut merupakan bukti sekaligus ekspresi dari ketidaksiapan KPU sebagai institusi penyelenggara pemilu,” kata Siti Zuhro, di Jakarta, Kamis, (19/3).

Jauh sebelum wacana pemilu ditunda mencuat, lanjutnya, sebetulnya prediksi terhadap lemahnya kinerja KPU sudah bermunculan di tengah-tengah masyarakat mulai di tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Anehnya, KPU menganggap kecemasan itu sebagai hal yang tidak mendasar.

Dia juga mengingatkan konsekuensi dari pemilu legislatif ditunda yang pada akhirnya juga akan berpengaruh besar terhadap rencana pemilihan presiden serta dengan segala konsekuensinya.“Jika pemilu ditunda, ancaman pertama adalah akan terjadi kekosongan pemerintahan. Ini sangat berbahaya untuk sebuah proses demokrasi di Indonesia. Semua stake holder harus menyiapkan berbagai skenario yang mengacu ke konstitusi,” tegasnya. (fas/JPNN)

JAKARTA – Mencuatnya wacana agar pemilu ditunda yang diendus oleh capres Partai Gerindra Prabowo Subianto, menurut pengamat politik dari LIPI


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News