KPU Targetkan Rekapitulasi Suara Pemilu di 8 Provinsi Selesai Hari Ini, Berikut Daftarnya

KPU Targetkan Rekapitulasi Suara Pemilu di 8 Provinsi Selesai Hari Ini, Berikut Daftarnya
Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menargetkan penuntasan rekapitulasi suara Pemilu 2024 secara nasional untuk delapan provinsi pada Selasa (12/3) ini.

Ke-8 provinsi tersebut, yakni DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, NTT, Banten, dan Kalimantan Utara.

"Sampai dengan dini hari tadi, sudah delapan provisi yang sudah hadir," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat membuka rapat pleno rekapitulasi suara di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Menurut Hasyim, penuntasan rekapitulasi pada Selasa ini akan dipercepat dengan menggunakan dua pleno yang masing-masing mengurusi empat provinsi.

"Panel A, yaitu untuk melakukan rekapitulasi KPU provinsi DKI, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Barat, untuk Panel B ada Kepulauan Riau, NTT, Banten, lalu Kalimantan Utara," ungkap Hasyim.

Hasyim berharap para saksi dari partai politik atau calon anggota DPD bisa menyesuaikan rekapitulasi yang memakai dua panel pada Selasa ini.

"Jadi bapak ibu saksi dari partai politik maupun pasangan calon maupun DPD dimohon menyesuaikan, kalau semuanya ditempatkan di Panel A butuh waktu yang agak panjang ya," ungkap Hasyim.

Sebelumnya, KPU menuntaskan rekapitulasi suara pilpres 2024 tingkat nasional sembilan provinsi yang dilaksanakan di kantor mereka, Menteng, Jakarta Pusat, sejak Sabtu (9/3) hingga Selasa (12/3).

KPU menargetkan penyelesaian penghitungan suara secara nasional untuk delapan provinsi pada Selasa (12/3) hari ini, berikut daftarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News