Krisis Nuklir Jepang Masih Serius

Dua Reaktor PLTN Terbakar Lagi, PBB Waspadai Radiasi

Krisis Nuklir Jepang Masih Serius
Krisis Nuklir Jepang Masih Serius
TOKYO - Ancaman radiasi akibat krisis nuklir di PLTN Fukushima Daiichi belum mereda. Setelah muncul laporan bahwa tingkat radiasi dan suhu di kawasan PLTN yang berjarak sekitar 250 km timur laut Tokyo itu kembali stabil, kebakaran justru terjadi lagi kemarin (21/3).

Asap yang cukup tebal terlihat di atas bangunan reaktor nomor 3 pada PLTN tersebut. Pihak berwenang maupun pemerintah Jepang menyatakan bahwa tekanan di reaktor itu sempat meningkat kemarin. Selain itu, asap berwarna keabu-abuan juga terlihat mengepul dari reaktor nomor 2.

Tokyo Electric Power Co (TEPCO), selaku operator PLTN itu, menyatakan bahwa pihaknya belum mengetahui tentang penyebab munculnya asap dari dua reaktor tersebut. Dugaan kuat mengenai terjadinya kebakaran lagi di PLTN Fukushima Daiichi beredar luas setelah pemerintah Jepang mengklaim ada kemajuan dalam upaya mencegah bencana nuklir di lokasi.

Menyusul insiden kebakaran tersebut, TEPCO langsung mengevakuasi sebagian pekerjanya. Tak disebutkan secara persis jumlahnya. Terdapat 300 insinyur yang bekerja di PLTN Fukushima Daiichi untuk membendung dampak terburuk bencana nuklir sejak tragedi Chernobyl, Ukraina, pada 1986.

TOKYO - Ancaman radiasi akibat krisis nuklir di PLTN Fukushima Daiichi belum mereda. Setelah muncul laporan bahwa tingkat radiasi dan suhu di kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News