Kubu Rio Capella Tuding KPK Punya Agenda Terselubung

Kubu Rio Capella Tuding KPK Punya Agenda Terselubung
Patrice Rio Capello. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kubu eks Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella mulai melakukan perlawanan. Mereka menuding KPK memiliki kepentingan terselubung dibalik penetapan Rio sebagai tersangka kasus suap.

Menurut kuasa hukum Rio, Maqdir Ismail, kepentingan terselubung itu adalah menjegal upaya revisi Undang-Undang KPK. Dia menuding bahwa KPK tengah berusaha mengintimidasi anggota DPR yang mendukung revisi tersebut.

“Penetapan status tersangka kepada Patrice Rio Capella dilandasi oleh semangat memengaruhi kekuasaan legislatif agar tidak melakukan perubahan terhadap UU KPK,” kata Maqdir melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa (20/10).

Maqdir mengatakan, undang-undang yang ada sekarang membuat kekuasaan KPK sangat besar. Karenanya, orang-orang yang ada di dalam komisi antirasuah tidak suka dengan revisi yang akan mengotak-atik kekuasaan tersebut.

“Sebab upaya melakukan perubahan untuk penguatan UU KPK yang dapat dianggap menggangu kekuasaan,” lanjutnya.

Apalagi, lanjut Maqdir, pihaknya juga melihat ada upaya KPK untuk merusak citra Rio sejak jauh-jauh hari. Menurut pengacara senior itu, ada dokumen terkait kasus kliennya yang dibocorkan KPK melalui media sosial sebelum penetapan diumumkan.

“Sebelum penetapan PRC (Patrice Rio Capello, red) sebagai tersangka, terlebih dahulu melalui media sosial mengirimkan bagian tertentu dari surat panggilan yang menyatakan bahwa PRC sudah ditetapkan menjadi tersangka,” katanya.(dil/jpnn)


JAKARTA – Kubu eks Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella mulai melakukan perlawanan. Mereka menuding KPK memiliki kepentingan terselubung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News