KY Loloskan Adik Ketua KPK

KY Loloskan Adik Ketua KPK
KY Loloskan Adik Ketua KPK
JAKARTA - Komisi Yudisiaal (KY) akhirnya merampungkan tahapan seleksi administrasi calon hakim agung. 83 calon dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya. KY mengeliminasi 24 calon dari kalangan karir dan non karir. Sejumlah nama-nama besar diloloskan.

 

Mereka di antaranya adalah politikus PDI Perjuangan Gayus Lumbuun, mantan panitera Mahkamah Konstitusi (MK) Zainal Arifin Hoesein, Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Rum Nessa, panitera Suhadi, dan adik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas, Djazimah Muqoddas. Djazimah merupakan calon dari kalangan hakim karir. Dia adalah hakim di Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta.

 

Selain itu, KY juga meloloskan sejumlah nama calon yang pernah gagal dalam seleksi serupa sebelumnya. Selain posisinya sebagai Sekretaris MA, Rum Nessa adalah salah seorang calon gagal yang kini kembali melamar. Dia gagal dalam tahap wawancara untuk mengkonfirmasi laporan terhadap rekam jejaknya.

 

"Kami mengetahui kok nama-nama yang terkenal itu. Begitu juga mereka yang pernah gagal sebelumnya. Tapi, syarat administrasi mereka lengkap, ya memang harus lolos. Kalau tidak diloloskan, justru kami yang digugat ke PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara)," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Agung KY Taufiqqurahman Syahuri di gedung KY, Senin (4/4).

 

JAKARTA - Komisi Yudisiaal (KY) akhirnya merampungkan tahapan seleksi administrasi calon hakim agung. 83 calon dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News