KY Surati PN Tanjungkarang

Minta Salinan Putusan Atas Dua Terdakwa Korupsi yang Dibebaskan

KY Surati PN Tanjungkarang
KY Surati PN Tanjungkarang
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) telah mengirimkan surat ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Lampung, guna meminta salinan putusan terkait dengan vonis bebas terhadap dua terdakwa korupsi, yakni Bupati Lampung Timur Nonaktif Satono dan bekas Bupati Lampung Tengah Andi Ahmad Sampoerna Jaya.

"Saya tadi telah menandatangani surat permintaan salinan putusan ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang. Sudah dikirim tadi pagi," kata ketua KY, Eman Suparman kepada JPNN, Selasa (25/10).

Menurut Eman, KY tidak mau menduga-duga sebelum ada bukti-bukti yang mendukung bahwa telah terjadi pelanggaran kode etik dan perilaku oleh hakim. Karenanya, telaah mendalam atas putusan itu merupakan salah satu langkah KY untuk menelusuri dugaan pelanggaran kode etik  hakim, khususnya Andreas Suharso dan Itong Isnaini yang memvonis bebas kedua terdakwa.

Lebih lanjut Erman menambahkan, ada banyak kemungkinan penyebab seorang terdakwa divonis bebas. Hal itu bisa diindikasikan karena dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang salah/lemah, atau juga pembuktianya yang tidak cukup.

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) telah mengirimkan surat ke Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Lampung, guna meminta salinan putusan terkait dengan vonis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News