Ladies, Yuk Kenali Arti Warna Darah Haid yang Normal dan Tidak

Ladies, Yuk Kenali Arti Warna Darah Haid yang Normal dan Tidak
Nyeri Haid. Ilustrasi. Foto WomCare

jpnn.com - Haid bisa menggambarkan kondisi kesehatan rahim dan organ kesuburan seorang wanita. Haid yang teratur dengan darah haid berwarna merah gelap bisa menjadi pertanda bahwa perempuan dalam kondisi kesehatan reproduksi yang baik. Sayangnya, kondisi ideal semacam ini tak selalu terjadi. Terkadang siklus haid bisa tidak teratur, atau bahkan darah haid juga tak selalu berwarna merah gelap.

Studi yang dihimpun oleh American Academy of Obstetricians and Gynecologists menemukan bahwa lebih dari 70% wanita pernah mengalami warna darah haid yang bervariasi.  Ya, darah haid memang tak selalu berwarna merah tua. Kadang dapat pula berwarna coklat, merah muda, kehitaman, atau oranye.

Pada sebagian besar kasus, haid dengan aneka warna tersebut merupakan hal yang normal. Namun pada sebagian kecil kasus lainnya, kondisi tersebut bisa disebabkan karena suatu hal yang serius dan membutuhkan penanganan dokter.

Arti Warna Darah Haid

Berikut ini beberapa warna darah haid yang sering ditemui dan beragam kondisi yang dapat menyebabkan:

1. Hitam

Umumnya darah haid berwarna kehitaman menggambarkan darah lama atau darah sisa menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi di akhir periode haid, atau bisa juga terjadi beberapa hari setelah haid selesai.

Namun demikian, darah haid berwarna hitam juga bisa menandakan kondisi keguguran. Pada kasus keguguran, darah hitam biasanya disertai dengan nyeri perut bawah yang hebat.

2. Cokelat

Seperti halnya darah haid berwarna hitam, darah cokelat juga umumnya menggambarkan darah lama. Warna cokelat terjadi karena darah mengalami proses kimiawi (oksidasi) di dalam tubuh.

Anda perlu lebih jeli dalam membedakan warna darah saat Anda tengah dalam masa haid. Untuk membedakannya, amatilah adanya beberapa gejala.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News