Lagi, Ditemukan Cadangan Migas di Blok WMO

Lagi, Ditemukan Cadangan Migas di Blok WMO
Lagi, Ditemukan Cadangan Migas di Blok WMO
JAKARTA - Kerja keras Pertamina menambah cadangan migas di Blok West Madura Offshore (WMO) kembali membuahkan hasil. Kali ini, sumur eksplorasi PHE KE48-1 yang dibor telah berhasil menambah cadangan migas baru. Sumur itu terletak sekitar 13 km sebelah selatan dari lapangan PHE40 dan sekitar 5 km sebelah selatan dari Central Processing Platform (CPP), Poleng. Lokasinya sekitar 70 mil lepas pantai Bangkalan, Madura.

"Sumur dibor sampai kedalaman akhir 11 ribuan feet di basement dan dilakukan pengetesan yang berhasil mengalir 1,650 BOPD dan 13 MMSCFD di Formasi Kujung," kata Senior Executive VP & GM PHE WMO Imron Asjhari dalam keterangannya, Rabu (21/11).

Setelah sukses menemukan sumur baru PHE KE48-1, rig COSL Seeker akan berpindah menggarap pemboran sumur pengembangan di anjungan baru PHE 38B yang sudah selesai dipasang. Dengan demikian, sepanjang tahun ini, 4 sumur eksplorasi yakni PHE KE38-2, PHE KE 38-3, PHE 38-5, dan PHE KE 48-1 yang dibor PHE WMO semuanya berhasil menemukan cadangan minyak dan gas baru.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Salis S. Aprilian menambahkan, keberhasilan pengeboran empat sumur yang menemukan cadangan minyak dan gas baru itu menandakan 100 persen exploration success ratio. "Lebih dari itu, yang membanggakan ditemukan lebih dari 230 persen reserve replacement ratio. Penemuan cadangan migas baru seperti ini sangat penting bagi penyediaan energi nasional di masa depan," terangnya.

JAKARTA - Kerja keras Pertamina menambah cadangan migas di Blok West Madura Offshore (WMO) kembali membuahkan hasil. Kali ini, sumur eksplorasi PHE

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News