Lagu Lady Gaga Dicekal Tiongkok

Lagu Lady Gaga Dicekal Tiongkok
Lady Gaga. Foto : Rolling Stone
BEIJING - Dengan alasan membahayakan kebudayaan, pemerintah Tiongkok meminta situs musik di negaranya tidak memasang lagu-lagu milik Lady Gaga, Katy Perry, Backstreet Boys, Beyonce, serta beberapa artis pop lainnya, termasuk penyanyi dari Hongkong dan Taiwan, dalam daftar lagu yang bisa diunduh.

Setidaknya ada seratus lagu yang masuk dalam daftar hitam versi pemerintah Tiongkok. Lady Gaga menyumbang karya terbanyak. Enam lagu dari album terakhirnya dicekal. Di antaranya adalah Born This Way, Edge of Glory, Bloody Marry, dan Judas. Alasannya, lagu-lagu tersebut belum melalui tahap sensor.

Tidak disebutkan bagian mana dari lagu-lagu itu yang dianggap berbahaya. Alasan tersebut mungkin bisa diterima jika hanya diberlakukan kepada Gaga. Masalahnya, dalam daftar itu juga ada lagu I Want It That Way milik Backstret Boys yang dirilis 12 tahun lalu. Liriknya tidak vulgar jika dibandingkan dengan lagu-lagu Gaga.

Pencekalan tersebut merupakan bagian dari kebijakan yang diterapkan sejak dua tahun lalu. Kementerian Kebudayaan Tiongkok berusaha melindungi remaja di negaranya dari konten internet yang dianggap vulgar dan tidak bercita rasa.

BEIJING - Dengan alasan membahayakan kebudayaan, pemerintah Tiongkok meminta situs musik di negaranya tidak memasang lagu-lagu milik Lady Gaga, Katy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News