Lahar Dingin Gunung Gamalama Terjang Pemukiman

3 Orang Tewas, 5 Hilang

Lahar Dingin Gunung Gamalama Terjang Pemukiman
Lahar Dingin Gunung Gamalama Terjang Pemukiman
JAKARTA - Banjir lahar dingin Gunung Gamalama melanda sejumlah lokasi di Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu dinihari (9/5) pukul 02.00 WIT, disebabkan hujan deras yang terjadi pada malam sebelumnya.

Banjir lahar dingin terjadi di Sungai Tubo hingga Dufa-Dufa yang meliputi tiga wilayah yaitu di pantai Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara, Kelurahan Takoma Kecamatan Ternate Selatan, dan Kelurahan Salahudin Kecamatan Ternate Tengah.

"Korban sementara 3 orang meninggal dunia, 5 orang hilang, 2 orang luka-luka, 20 rumah rusak. Sebagian warga yang rumahnya rusak akibat banjir lahar telah diungsikan ke eks-Kantor Gubernur Maluku Utara dan aula SMK Negeri 2 Ternate," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, DR Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (9/5).

Menurutnya, banjir lahar pada Rabu dini hari ini lebih besar jika dibandingkan dengan banjir serupa pada 27 Desember 2011, pascaletusan Gunung Gamalama. Lahar yang dibawa banjir pada Rabu dini hari tersebut merupakan sisa letusan Gunung Gamalama pada Desember 2011 yang selama ini tertahan di puncak dan lereng gunung.

JAKARTA - Banjir lahar dingin Gunung Gamalama melanda sejumlah lokasi di Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu dinihari (9/5) pukul 02.00 WIT, disebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News