Laksamana Yudo Beberkan 5 Program Prioritas untuk Tanggulangi Covid-19

Laksamana Yudo Beberkan 5 Program Prioritas untuk Tanggulangi Covid-19
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat meninjau serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan jajaran TNI Angkatan Laut (TNI AL) totalitas membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

Beberapa program prioritas yang telah dan akan terus dilaksanakan yakni serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ketersediaan suplai oksigen, membuat dapur umum, meyediakan ruang atau tempat perawatan dan menyumbang darah dengan menyelenggarakan donor darah khususnya plasma konvalesen.

Menurut Laksamana Yudo, kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan instruksi Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19.

TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim sejak 23 Juni 2021 dan telah mengerahkan seluruh Kesatuan di jajarannya dari Sabang sampai Merauke terutama menyasar daerah-daerah yang masih minim vaksinasi. 

Berkaitan dengan penyediaan suplai oksigen, TNI AL mengerahkan KRI Semarang-594 dan KRI dr. Soeharso-990 untuk memproduksi oksigen yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai rumah sakit-rumah sakit dan warga masyarakat yang membutuhkan.

Saat ini kedua kapal tersebut masih bekerja KRI Semarang-594 memenuhi oksigen masyarakat Bangka Belitung, sedangkan KRI dr. Soeharso-990 di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, pembuatan dapur umum untuk masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri (Isoman) Korps Marinir TNI AL telah beberapa kali melaksanakannya terutama di Lampung dan Surabaya.

TNI AL dalam penyediaan ruang atau tempat perawatan penderita Covid-19 selain memanfaatkan RS TNI AL juga memanfaatkan Gedung Dolos di Kwini Lanmar Jakarta dan Gedung Karang Pucung di Opak Surabaya sebagai tempat RS Darurat untuk perawatan pasien Covid-19 yang gejala ringan.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan jajaran TNI AL totalitas membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News