Lakukan 3 Hal ini Untuk Mencegah Gangguan Tidur Karena Gawai

Lakukan 3 Hal ini Untuk Mencegah Gangguan Tidur Karena Gawai
Ilustrasi. Tidur. (ANTARA/Pixabay)

jpnn.com - Jika Anda memang selalu terpaku dengan gawai bahkan hingga menjelang waktu tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Pasalnya, penggunaan gawai yang terlalu sering, apalagi menjelang waktu tidur bisa mendatangkan segudang dampak buruk kesehatan.

Tak ingin mengalami gangguan tidur atau masalah kesehatan lain akibat terlalu sering menggunakan gawai? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Tempatkan gawai Anda jauh dari tempat tidur

Hindari meletakkan gawai pada tempat yang mudah digapai. Semakin jauh letak gawai, semakin kecil pula keinginan Anda untuk mengambil dan memainkannya.

2. Buat jadwal tidur yang teratur

Buatlah jadwal tidur yang tetap dan dilakukan secara teratur. Ini artinya, Anda harus tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Jangan habiskan waktu terlalu lama di tempat tidur.

3. Alihkan perhatian

Jangan melulu terpaku dengan gawai, apalagi menjelang waktu tidur. Untuk ini, buatlah lingkungan kamar Anda sekondusif mungkin, yang hanya akan Anda gunakan untuk tidur. Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin. Hindari cahaya yang terlalu terang saat Anda tidur.

Penggunaan gawai yang terlalu sering, apalagi menjelang waktu tidur bisa mendatangkan segudang dampak buruk kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News