Latihan Perang, Anggota Pasukan Elit Malaysia Sakit Perut

Latihan Perang, Anggota Pasukan Elit Malaysia Sakit Perut
TENTARA JIRAN PINGSAN: TNI AU dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) menggelar upacara pembukaan latihan tempur bersama di Afron Lanud Supadio, Rabu (21/9) jam 9 kemarin pagi. Dua tentara malaysia pingsan saat upacara berlangsung. Foto: Shando/Pontianak Post
PONTIANAK – TNI AU dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) menggelar upacara pembukaan latihan tempur bersama di Afron Lanud Supadio, Rabu (21/9) jam 9 kemarin pagi. Latihan dengan nama sandi Elang Malindo ini akan berlangsung kurang lebih sepekan di seputaran Lanud Supadio. Kegiatan training perang itu rencananya dimulai hari ini (22/9).

Sayang disayang, belum lagi dimulai, latihan sudah ‘memakan korban’. Saat upacara berlangsung seorang bernama Nasuha dari Pasukan Khas Udara (Paskhau) Tentara Diraja Malaysia pingsan. Phaskau adalah semacam pasukan elit untuk operasi khusus, baretnya berwarna biru muda. TNI AU juga memiliki tim serupa bernama Paskhas yang berbaret jingga. Setiap negara pun punya pasukan multi-fungsi ini.

Paskhas sendiri merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu laut, darat, udara. Dalam operasinya, tugas Paskhas lebih ditujukan untuk merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari serangan musuh, untuk selanjutnya menyiapkan bagi pendaratan pesawat kawan. Kemampuan ini disebut dengan Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan. Setiap prajurit Paskhas minimal memiliki kualifikasi para-komando, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Kembali ke kejadian tadi. Matahari pagi itu memang sangat terik. Di tengah upacara yang berlangsung khidmat, terdengar suara hantaman yang cukup keras dari barisan Paskhau Malaysia. Ternyata seorang bernama Nasuha pingsan. Ia ambruk telak dengan posisi tertelungkup. Wajahnya menghantam aspal afron. Dagunya robek dan mengeluarkan darah. Beberapa giginya patah, darah segar juga mengucur dari mulutnya. Ia pun tak sadarkan diri. Oleh tim medis lalu digotong keluar barisan, untuk mendapat perawatan.

PONTIANAK – TNI AU dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) menggelar upacara pembukaan latihan tempur bersama di Afron Lanud Supadio, Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News