Le Keqiang Jadi Perdana Menteri Tiongkok

Le Keqiang Jadi Perdana Menteri Tiongkok
Perdana Menteri Baru Tiongkok Le Keqiang. FOTO: bbc.co.uk
BEIJING - Setelah menetapkan Xi Jinping sebagai presiden, Tiongkok juga sudah memiliki perdana menteri baru. Dia adalah Le Keqiang. Dalam pemilihan yang dilakukan Jumat (15/3), Keqiang dipastikan menjadi orang nomor dua di Tiongkok menggantikan Wen Jiabao. Keqiang dipilih untuk menjabat selama lima tahun, namun diharapkan dia akan bertahan hingga sepuluh tahun ke depan.

Pria berkaca mata tersebut memang menjadi pilihan paling utama bagi para voter dari Kongres Rakyat Nasional. Buktinya, Keqiang mendapatkan 2940 suara dari tiga ribu pemilih. Sementara enam pemilih memutuskan absen.

Sebagai perdana menteri, Keqiang bakal menjalani tugas berat. Di antaranya ialah memanage tantangan ekonomi serta arus urbanisasi di Tiongkok.

Terpilihnya Keqiang sebagai perdana menteri langsung disambut Amerika Serikat. Presiden Barack Obama bahkan mengirimkan sekretaris bendahara Jacob Loew dan sekretaris negara John Kerry ke Beijing. Diharapkan, kedua pemimpin baru tersebut bisa bekerja sama dengan Gedung Putih.

BEIJING - Setelah menetapkan Xi Jinping sebagai presiden, Tiongkok juga sudah memiliki perdana menteri baru. Dia adalah Le Keqiang. Dalam pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News