Ledakan di Fatmawati: 5 Kios dan Satu Rumah Hangus

Ledakan di Fatmawati: 5 Kios dan Satu Rumah Hangus
Kobaran api yang diduga berasal dari ledakan kompor, menghanguskan lima unit kios dan satu rumah di Jalan Fatmawati, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (31/5) dini hari. Foto: Polres Jayawijaya for Cenderawasih Pos

jpnn.com - Lima unit kios dan satu rumah hangus terbakar di Jalan Fatmawati, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (31/5) dini hari sekitar pukul 01.45 WIT.

Kebakaran diduga akibat sebuah kompor yang meledak. Selain lima kios dan rumah milik aset pemkab, api juga membakar bengkel atau tempat persinggahan truk milik Dinas Perhubungan Kabupaten Nduga. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 6 miliar.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba mengatakan, dari keterangan sejumlah saksi, kebakaran diduga berasal dari ledakan kompor yang sebelumnya digunakan untuk memasak nasi.

"Api diduga berasal dari salah satu kios yang terbakar milik seorang warga berinisial Ja. Bangunan yang seluruh terbuat dari kayu membuat api cepat merembet dan membakar lima kios serta satu rumah milik pemda termasuk bangunan tempat singgah truk milik Dishub Kabupaten Nduga,” ujar Yan Reba kepada Cenderawasih Pos, Kamis (1/6).

Sebelum terjadi kebakaran, menurut Yan Reba salah seorang penghuni kios berinisial Ja memasak nasi untuk keperluan sahur sekitar pukul 00.30 WIT. Setelah nasi yang dimasak sudah matang, kompor sempat dimatikan namun diduga tidak padam sempurna.

“Kompornya diduga tidak padam sempurna saat dimatikan sehingga tidak lama kemudian kompor meledak dan membakar bagian dapur kios. Pemilik kios yang terbangun berupaya memadamkan api namun api semakin besar dan menyebar,” tuturnya.

Menurut Yan, kebakaran baru bisa diatasi sekitar pukul 03.30 WIT. Saat terjadi kebakaran menurut Yan Reba sempat terdengar beberapa kali suara ledakan yang diduga berasal dari genset milik warga yang digunakan di beberapa kios yang terbakar. “Hujan memang sempat turun namun kurang dari 30 menit api menyebar dengan cepat dan membakar habis lima kios,” tandasnya. (gin/jo/nat)


Lima unit kios dan satu rumah hangus terbakar di Jalan Fatmawati, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (31/5) dini hari sekitar pukul 01.45


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News