Lestari Moerdijat Dorong Pertumbuhan Desa Wisata untuk Kebangkitan Pariwisata Tanah Air

Lestari Moerdijat Dorong Pertumbuhan Desa Wisata untuk Kebangkitan Pariwisata Tanah Air
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan desa wisata di tanah air dalam rangka ikut serta mengakselerasi kebangkitan pariwisata tanah air. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan desa wisata di tanah air dalam rangka ikut serta mengakselerasi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

"Pertumbuhan jumlah desa wisata di tanah air menjadi salah satu langkah strategis dalam mendorong segera bangkitnya pariwisata nasional," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/4).

Setiap tahun, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Dari tahun ke tahun jumlah desa wisata yang mengikuti ajang tersebut terus bertambah.

Jika pada 2021 ADWI diikuti 1.831 desa wisata dan 2022 diikuti 3.419 desa wisata, dan tahun ini ditargetkan akan diikuti 4.000 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Lestari, ajang ADWI tersebut tidak sekadar lomba, lebih dari itu sangat diharapkan mampu menggerakkan perekonomian desa.

Oleh karena itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, kriteria penilaian lomba tersebut mencakup banyak hal, antara lain desa wisata harus memiliki keunikan dan keautentikan daya tarik wisata, berupa alam, buatan, serta seni dan budaya.

Selain itu, tambah Rerie, penilaian juga akan melihat peningkatan standar kualitas pelayanan dengan melestarikan budaya lokal.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong pertumbuhan desa wisata di tanah air dalam rangka ikut serta mengakselerasi kebangkitan pariwisata tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News